Pengatur waktu pengiriman air dari dalam kepala silinder. Pada saat suhu
air belum mencapai 85-90°C, thermostat belum membuka untuk mengalirkan air ke
radiator. Thermostat bekerja berdasarkan sensor tekanan mekanis (pegas). “Pada
suhu tertentu, air menghasilkan tekanan untuk membuka sensor mekanis per tadi,”
jelas Michael.
Salah kaprah, thermostat kerap dicopot untuk mengurangi gejala overheat
mesin mobil. Padahal tanpa thermostat, air yang belum sempat dingin oleh
radiator sudah keburu masuk ke dalam mesin. Dan sebaliknya, air yang belum
mencapai suhu kerja ideal sudah keburu dialirkan ke radiator.
“Kerap terjadi bila thermostat rusak, mesin justru
overheat saat digeber kencang di jalan tol karena air yang belum sempat dingin
sudah masuk kembali ke kepala silinder akibat water pump memompa air lebih
cepat,” jelas Anwar.
Kipas Pendingin
Kipas Pendingin
Kipas pendingin membantu radiator. Bila hembusan angin dari depan mobil
sangat minim, kipas mengambil alih fungsi pendinginan. Lazimnya mobil memakai
teknologi viscous fan atau electric fan.
Viscous fan adalah kipas manual berpenggerak puli kruk as via belt.
Disebut viscous karena bagian tengah kipas memakai sensor bi-metal. Semakin
tinggi suhu di ruang mesin, semakin kencang pula viscous fan berputar.
Jenis lain adalah electric fan. Digerakan oleh motor listrik dengan
sensor thermal dan menempel di belakang radiator. Kipas bekerja bila suhu mesin
mencapai derajat tertentu.
Failure pada kipas adalah putaran yang lemah
sehingga suplai angin tak mumpuni. Pada viscous fan bisa disebabkan bi-metal
sudah afkir. Elektric fan ‘lemot’ karena kumparan motor listrik sudah atau
sensor thermal rusak.
Radiator Coolant
Air radiator
Cairan ini memiliki titik didih pas untuk sistem pendinginan mesin.
Cairan yang diracik dengan material kimia ini, mampu menahan titik didih air
biasa sehingga suhu di dalam kepala silinder bisa diredam. Ada anggapan coolant
dianggap memanipulasi suhu air yang sebenarnya.
Namun radiator coolant memiliki fungsi lain seperti
mengurangi efek korosi pada bahan radiator dan memiliki senyawa kimia yang
mampu membersihkan kotoran seperti lumpur dan endapan dari air yang
bersirkulasi di radiator.
“Tetapi harus pandai memilih coolant karena beberapa
produk justru memiliki ramuan atau senyawa kimia tajam sehingga mengikis
material logam radiator,” wanti Anwar yang sudah menemukan beberapa kasus.
Waterpump
Pompa air
Pompa air adalah komponen yang menyalurkan air dari mesin menuju
radiator dan sebaliknya. Peranti bermaterial aluminium ini terletak di kepala
silinder sekaligus sebagai gerbang (pintu air) dari mesin menuju radiator.
Meski tergolong slow moving parts dengan usia pakai hingga tahunan, bisa juga
afkir.
Biasanya karena kualitas air atau coolant yang jelek
sehingga bantalan atau laher kipas di dalam pompa menjadi rusak atau oblak.
Korosi akibat air yang menjadi musuh semua logam juga bisa menjadi penyebab.
“Makanya waterpump mendapat jadwal penggantian
setiap 3 tahun sekali,” jelas Taqwa. Apalagi kalau suku cadang yang dipakai
bukan versi asli, bisa lebih singkat lagi masa penggantiannya.