URAIAN
Sistem
efi menentukan jumlah bahan baker yang optimal ( tepat ) disesuaikan dengan
jumlah bahan bakar dan temperatur udara yang masuk , kecepatan
mesin,temperature air pendingin posisi katup throtel valve,pengembunan oxsigen
di dalam exhaust pipe,dan kondiai lainnya.Sistem efi menjamin pencampuran udara
dan bahan bakar ideal dan efisien.
MACAM
SISTEM EFI
Sistem
D-EFI ( Manifold Pressure Control Type )
D-EFI
mengukur tekanan dalam intake manifold dan menghitung jumlah udara yang masuk
.Tetapi tekanan udara dan jumlah udara tidak dalam konvesi yang tapat ,sehingga
masih belum akurat disbanding dengan L-EFI.
Sistem
L-EFI ( Airflow Control Type )
Dalam
L-EFI, airflow meter langsung mengukur jumlah udara yang masuk ke intake
manifold dan bias mengukur jumlah udara dengan akurat serta dapat mengontrol
penginjeksian bahan bakar lebih tapat disbanding dengan D-EFI.
SUSUNAN
DASAR SISTEM EFI
Sistem
efi dibagi jadi 3 sistem : system bahan bakar , system induksi udara ,system
pengontrol elektronik.
SISTEM
BAHAN BAKAR
Bahan
bakar dihisab oleh pompa ke saringan kemudian di kirim ke injector dan colt
start injector.Tekanan di fuel line di control pressure regulator dan kelebihan
bahan bakar di kembalikan ke tangki.Bahan bakar di injeksikan ke intake
manifold sesuai injection signal dan colt start injector menginjeksikan bahan
bakar ke intake chamber langsung saat cuaca dingin sehingga mesin bias hidup.
SISTEM
INDUKSI UDARA ( AIR INDUCTION SYSTEM )
Bila
mesin dingin air valve mengalirkan udara ke intake chamber langsung dengan
membypass throtel.Air valve mangalirkan udara secukupnya ke intake chamber
untuk menambah putaran fast idle,tanpa memperhatikan throtel terbuka atau
tertutup .Jumlah udara yang masuk di deteksik oleh air flow meter ( L-EFI )
atau manifold pressure sensor ( D-EFI ).
SISTEM
PENGONTROL ELEKTRONIK ( ELECTRONIC CONTROL SYSTEM )
Sistem
control elektronik ( electronic control system ) ,termasuk sensor dan computer
untuk menentukan ketepatan jumlah penginjeksian bahan bakar sesuai signal yang
diterima dari sensor.Sensor ini untuk mengukur jumlah bahan bakar yang di
hisab, beban mesin,temperature air pendingin,temperature udara ,saat akselerasi
.Komputer mengukur jumlah yang tepat dan ideal agar menghasilkan tenaga yang
maksimal .