Macam-macam Komponen Hp dan Fungsinya

Mesin Hp merupakan sebuah rangkaian elektronik yang terdiri dari macam-macam komponen penyusun. Komponen utamanya terdiri dari :

    PCB
    IC
    Resistor
    Transistor
    Kapasitor
    Dioda
    LCD
    Keytone
    Speaker
    Microfon
    Saklar
    Lilitan
    Antena
    Socket Plug in
    Socket SIM CARD



Definisi dan fungsi komponen

1. PCB

PCB (Printed Circuit Board) atau papan sirkuit cetak adalah sebuah papan yang penuh dengan sirkuit dari logam yang menghubungkan komponen elektronik satu sama lain tanpa kabel. Papan sirkuit ini mendapatkan namanya karena diproduksi secara massal dengan cara pencetakan.

Pada PCB inilah tempat meletakan komponen-komponen handphone dengan tata letak yang diurutkan sesuai skema. Disinilah peran skema sangat penting untuk mengetahui alur dan hubungan antar komponen pada PCB.

2. IC

IC (Integrated Circuit) atau sirkuit terpadu adalah komponen dasar yang terdiri dari resistor, transistor dan lain-lain. IC adalah komponen yang dipakai sebagai otak peralatan elektronika termasuk handphone. Umumnya IC berbentuk kotak berwarna hitam atau silver dengan tulisan merk atau kode di atasnya. Pada handphone terdapat beberapa macam IC dengan masing-masing fungsi yang berbeda. Pembahasan mengenai macam-macam IC Hp akan saya tulis pada artikel berikutnya.

3. Resistor

 Resistor adalah komponen elektronik dua kutub yang didesain untuk menahan arus listrik dengan memproduksi tegangan listrik di antara kedua kutubnya, nilai tegangan terhadap resistansi berbanding dengan arus yang mengalir, berdasarkan hukum Ohm.

 

V = IR

I = V/R

Resistor digunakan sebagai bagian dari jejaring elektronik dan sirkuit elektronik, dan merupakan salah satu komponen yang paling sering digunakan. Resistor dapat dibuat dari bermacam-macam kompon dan film, bahkan kawat resistansi (kawat yang dibuat dari paduan resistivitas tinggi seperti nikel-kromium.



Karakteristik utama dari resistor adalah resistansinya dan daya listrik yang dapat dihantarkan. Karakteristik lain termasuk koefisien suhu, desah listrik, dan induktansi.



Resistor dapat diintegrasikan kedalam sirkuit hibrida dan PCB, bahkan sirkuit terpadu ( IC ). Ukuran dan letak kaki bergantung pada desain sirkuit, kebutuhan daya resistor harus cukup dan disesuaikan dengan kebutuhan arus rangkaian agar tidak terbakar.

This entry was posted in , , , . Bookmark the permalink.

Leave a reply