Komponen Dasar Elektronika (Basic Electronic Components)


          
      Salah satu bagian penting dalam disiplinilmu fisika yaitu kemampuan dalam bidang elektronika, dan hal yang paling mendasar dalam bidang elktronika yaitu pengenalan tentang komponen-komponen dasar elektronika. Komponen Elektronikabiasanya sebuah alat berupa benda yang menjadi bagian pendukung suatu rangkaian elektronik yang dapat bekerja sesuai dengan kegunaannya. Mulai dari yang menempel langsung pada papan rangkaian baik berupa PCB, CCB, Protoboard maupunVeroboard dengan cara disolder atau tidak menempel langsung pada papan rangkaian (dengan alat penghubung lain, misalnya kabel). Komponen elektronika ini terdiri dari satu atau lebih bahan elektronika, yang terdiri dari satu atau beberapa unsur materi dan jika disatukan, dipanaskan, ditempelkan dan sebagainya akan menghasilkan suatu efek yang dapat menghasilkan suhu atau panas, menangkap atau menggetarkan materi, merubah arus, tegangan, daya listrik dan lainnya.

       Ada tiga jenis komponen elektronika yang dikenal dikalangan saintis dan teknisi yaitu:
1. komponen pasif, yaitu komponen yang tidak dapat (dengan sendirinya) membangkitkan tegangan atau arus. Dengan kata lain, komponen pasif adalah komponen yang dapat bekerja tanpa catu daya. Contohnya resistor, kapasitor, induktor, dan transformator.

2. komponen aktif, yaitu komponen yang hanya dapat bekerja atau berfungsi jika diberi catu daya luar. Contohnya  transistor, dioda dan rangkaian terpadu (Integrated Circuit, IC).

3. Komponen penunjang, merupakan komponen pelengkap yang tidak harus ada, seperti sakelar, konektor, dan lain sebagainya.

This entry was posted in , , . Bookmark the permalink.

Leave a reply